Selasa, 07 Juni 2011

TEORI ATOM BOHR & MEKANIKA KUANTUM


1.      Petunjuk Belajar
Pada buku  ini Anda akan mempelajari tentang “ teori atom bohr dan mekanika kuantum“.  Materi yang akan dibahas dalam buku ini berkaitan dengan perkembangan teori atom Bohr dan mekanika kuantum,penggunaan bilangan kuantum,konfigurasi elektron,serta bentuk dan orientasi orbital.
Untuk memudahkan Anda memahami buku ini, bacalah setiap materi baik-baik, dan jika ada tugas latihan dan tes, harus Anda kerjakan seluruhnya.
Untuk mempelajari buku ini dibutuhkan waktu 2 x 45 menit. Mudah-mudahan dengan mengikuti semua petunjuk dalam buku ini, Anda adapat memahaminya dengan baik, dan jangan lupa, jika Anda mendapatkan kesulitan, coba tanyakan pada guru bina.

2.      Kompetensi Yang Akan Dicapai
Setelah mempelajari buku ini, Anda diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom Niels Bohr
2.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom mekanika kuantum
3.      Menentukan bilangan kuantum yang diperbolehkan untuk keberadaan elektron
4.      Mengidentifikasi bentuk orbital s, p dan d
5.      Menjelaskan hubungan kulit dan sub kulit dengan bilangan kuantum

3.      Materi pembelajaran    
A.    Teori Atom Bohr
Bohr menyusun teori berdasar spectrum atom hydrogen, yaitu:
a.       Elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan-lintasan tertentu yang berbentuk lingkaran. Setiap lintasan tertentu memiliki tingkat energi tertentu yang disebut kulit atom. Setiap kulit ditandai dengan bilangan kuatum utama (n) dan diberi lambang K, L, M, N, dan seterusnya.
b.      Elektron dapat berpindah dari lintasan satu ke lintasan yang lain dengan menyerap atau memancarkan sejumlah energi. Besarnya energi sesuai dengan perbedaan enegri (∆ E) antara dua lintasan yang ditempati elektron secara berurutan, ∆E = hv.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar