RPP KIMIA KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Teori Atom Bohr dan Mekanika Kuantum

Satuan Pendidikan : SMA Negeri Bengkulu
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas XI/ Semester 1
Materi Pembelajaran : Teori Atom Bohr dan Mekanika Kuantum
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. STANDAR KOMPETENSI
1.Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur,struktur molekul dan sifat-sifat senyawa.
B. KOMPETENSI DASAR
1. Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
.

C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
1. Menjelaskan ide pokok dari teori atom Niels Bohr
2. Menjelaskan ide pokok dari teori atom mekanika kuantum
3. Menentukan bilangan kuantum yang diperbolehkan untuk keberadaan elektron
4. Mengidentifikasi bentuk orbital s, p dan d
5. Menjelaskan hubungan kulit dan sub kulit dengan bilangan kuantum.


b. Proses
1. Mengkaji literatur tentang teori atom Bohr dan mekanika kuantum dalam kerja kelompok.
2. Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan perbedaan teori atom Bohr dengan teori atom Mekanika kuantum
3. Mengkaji bilangan kuantum dan keterkaitannya dengan orientasi orbital dan konfigurasi elektron.
2. Psikomotor
1. Kesiapan kelompok penyaji dalam menyajikan materi
2. Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok dan permainan

3. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a. Produk :
1. Secara mandiri siswa dapat Menjelaskan ide pokok dari teori atom Niels Bohr
2. Secara mandiri siswa dapat Menjelaskan ide pokok dari teori atom mekanika kuantum
3. Secara mandiri siswa dapat Menentukan bilangan kuantum yang diperbolehkan untuk keberadaan elektron
4. Secara mandiri siswa dapat Mengidentifikasi bentuk orbital s, p dan d
5. Secara mandiri siswa dapat Menjelaskan hubungan kulit dan sub kulit dengan bilangan kuantum.
b. Proses
1. Siswa menyediakan bahan yang akan didiskusikan dalam kelompok, sehingga masing-masing kelompok mampu aktif dalam dikusi yang dilakukan.
2. Guru sebagai mediator membimbing kegiatan diskusi yang berlangsung
3. Guru memberikan penjelasan tentang materi teori atom Bohr,mekanika kuantum dan bilangan kuantum.
4. Guru memberikan masalah untuk didiskusikan dalam kelompok yang telah dibentuk tentang materi teori atom Bohr,mekanika kuantum,dan bilangan kuantum.
5. Guru memberikan penjelasan tentang materi konfigurasi electron dan diagram orbital.
6. Guru memberikan masalah dalam kelompok tentang materi konfigurasi electron dan diagram orbital dalam bentuk games.
7. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing

2. Psikomotorik
1. Kesiapan dan penguasaan materi dari kelompok penyaji tentang materi teori atom Bohr, mekanika kuantum dan bilangan kuantum.
2. Penyampaian materi yang akurat dan menyeluruh dari kelompok penyaji
3. Keaktifan audience dalam menyimak materi yang disajikan oleh kelompok penyaji
4. Cara menjawab pertanyaan kelompok penyaji dari audience
5. Keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan terhadap penjelasan guru tentang materi konfigurasi elektron dan diagram orbital.
6. Keaktifan siswa dalam bekerjasama dalam kelompok dalam menyelesaikan games yang diberikan guru.




3. Afektif
1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.

E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teori Atom Bohr
2. Teori Mekanika Kuantum
3. Bilangan Kuantum
• Bilangan Kuantum Utama (n)
• Bilangan Kuantum Azimut (l)
• Bilangan Kuantum Magnetik (m)
• Bilangan Kuantum Spin (s)
4. Bentuk dan Orientasi Orbital
 Orbital di subkulit s
 Orbital di subkulit p
 Orbital di subkulit d
 Orbital di subkulit f
5. Konfigurasi Elektron
 Asas Aufbau
 Larangan Pauli
 Kaidah Hund

F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif
Metode : Diskusi Informasi
Games

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
• Buku siswa
• LKS
• Buku kimia untuk SMA kelas XI penerbit Erlangga
• Kertas Karton,double tip,spidol untuk bahan games
H. PROSES BELAJAR MENGAJAR
A. Pertemuan 1 ( 2 X 45 menit)
No.
Aktivitas pembelajaran Penilaian oleh pengamat
1 2 3 4
A. Pendahuluan (5 menit)
1. Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang keadaan alam misal bagaimana ssunan tata surya (masing-masing planet mengelilingi matahari pada orbit masing-masing)
2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter
B. Kegiatan inti ( 80 menit)
1. Penggalan 1
a. Menyajikan informasi berupa peta konsep tentang perkembangan teori atom Bohr,mekanika kuantum dan bilangan kantum
2. Pengalan 2
a. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan memberikan LKS 1
b. Siswa mendiskusikan tentang Perkembangan teori atom Bohr,mekanika kuantum dan bilangan kantum dalam kelompok kooperatif
3. Pengalan 3
a. Guru sebagai mediator bagi kelompok penyaji dalam menyajikan materi perbedaan model atom Bohr dan model atom mekanika kuantum,cara menetukan empat jenis bilangan kuantum (bil.kuantum utama,bil.kuantum azimut,bil.kuantum magnetik,dan bil.kuantum spin) berdasarkan literatur yang telah didapatkan.
c. siswa yang lain sebagai audience mendengarkan dengan seksama dan memberikan pertanyaan jika kurang mengerti apa yang disampaikan oleh kelompok penyaji
d. guru menunjuk satu siswa sebagai perwakilan dari tiap kelompok untuk mengisi tabel tentang bilangan kuantum yang telah disediakan guru sebelumnya dalam kertas karton.
C. Penutup ( 5 menit )
1. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR LKS SMA.
2. Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya tentang konfigurasi elektron dan bentuk dan orientasi orbital.


B. Pertemuan kedua( 2x45 menit)
No.
Aktivitas pembelajaran Penilaian oleh pengamat
1 2 3 4
D. Pendahuluan (5 menit)
3. Guru bertanya kepada siswa tentang materi sebelumnya untuk mengetahi apakah siswa masih mengingat materi sebelumnya.
4. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter
E. Kegiatan inti ( 80 menit)
4. Penggalan 1
Menjelaskan materi tentang konfigurasi elektron, bentuk dan orientasi orbital serta menyajikan gambar dari 4 jenis orbital.
5. Pengalan 2
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan memberikan LKS 2
Siswa mendiskusikan tentang bentuk dan orientasi orbital serta konfigurasi elektron dalam kelompok kooperatif
6. Pengalan 3
Guru sebagai mediator bagi kelompok penyaji dalam menyajikan materi orientasi orbital(s,p,d,f)dan konfigurasi elektron berdasarkan literatur yang telah didapatkan.
Siswa yang berperan sebagai audience menyimak dengan seksama dan memberikan pertanyaan atau tanggapan untuk materi yang disampaikan oleh kelompok penyaji.
Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa dan memberikan bahan games (tentang bilangan kuantum,orientasi orbital,dan konfigrasi elektron) pada masing-masing kelompok. Sebelumnya guru telah menyediakan bahan-bahan yang diperlukan dalam games.
Setiap kelompok akan mendiskusikan bahan games yang diberikan guru dan menampilkannya di depan kelas.Setelah semua kelompok selesai guru dan siswa secara bersama-sama memeriksa hasil pekerjaan tiap kelompok.
F. Penutup ( 5 menit )
3. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR LKS SMA.
4. Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya tentang ikatan kimia

I. Penilaian
1. Penilaian produk (LP-01)
2. Penilaian Kinerja(LP-02 A dan LP-02B
3. Penilaian Afektif

Daftar Pustaka
Purba,Michael.2007.Kimia untuk SMA Kelas XI.Jakarta:Erlangga
Parning.2006.Kimia untuk SMA Kelas XI.Jakarta:Yudhistira
Heny Mulyaningsih,S.Pd.silabus dan rpp kimia.html.didownload pada tanggal 8 April 2011.